Keindahan Pantai Gelora di Sumbawa, Cek Deretan Faktanya

Partaigelora.id – Sebuah objek wisata baru bernama Pantai Gelora yang berlokasi di di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat sudah bisa dinikmati wisatawan. Selain menawarkan keindahan laut berombak tenang, sungai yang membelah pantai dan perbukitan di latar belakangnya, ada lima hal unik lain tentang pantai ini yang perlu kalian ketahui, nih infonya:

  1. Diresmikan oleh Ketua Umum Partai Gelora.

Anis Matta selaku Ketua Umum Partai Gelora Indonesia meresmikan Pantai Gelora pada hari Senin, 23 November 2020. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa pantai ini adalah pertemuan “potensi dan inovasi.” Anis Matta menyambungnya dengan mengatakan bahwa Indonesia memerlukan pengelolaan negara yang serupa itu. “Potensi besar Indonesia harus dikelola dengan inovasi agar membuat bangsa ini melesat. Inilah yang saya sebut, saat ini kita masih terbang terlalu rendah, padahal langit kita tinggi,” pungkasnya.

  1. Semula adalah pantai yang kurang terawat.

Meskipun telah cukup dikenal sejak waktu yang lama, Pantai Gelora yang dikenal sebelumnya dengan nama Pantai Manini atau Teluk Manini tidak terlalu banyak dikunjungi khususnya bagi masyarakat di luar Pulau Sumbawa. Sejak diresmikan tanggal 23 November lalu, pantai yang berlokasi di Dusun Meno, perbatasan Kecamatan Rhee dan Kecamatan Utan sangat ramai dikunjungi masyarakat lokal maupun luar wilayah. “Sejak dipopulerkan dengan nama Pantai Gelora dan diresmikan, sekarang ramai sekali pengunjung,” demikian kata Solihin, seorang guru setempat yang menguasai sejarah pantai ini.

  1. Hamparan pantai putih dan rimbunnya pohon kelapa

Dilihat dari ketinggian Pantai Gelora tampak bersih dengan dominan berwarna putih. Warna putih itu sebetulnya bukan berasal dari pasir melainkan serbuk batu karang berwarna putih yang jika diraba lebih kasar daripada pasir. Selain itu terdapat sekitar 400 pohon kelapa yang tumbuh di sisi timur pantai. Selain teduh juga menghasilkan kelapa yang langsung bisa dinikmati pengunjung

  1. Jembatan cinta

Yang unik, Pantai Gelora dibelah oleh sebuah sungai yang terhubung oleh jembatan tua yang telah ada sejak jaman Jepang. Sisa jembatan tua tampak jelas dan setelah direstorasi saat ini, bekas jembatan itu dibiarkan tetap ada. Warga sekitar menyebutnya sebagai ‘jembatan cinta’ dan menjadi objek foto wajib para pengunjung.

  1. Dinamai Pantai Gelora oleh masyarakat setempat

Nama Pantai Gelora dipilih dan diperkenalkan oleh warga yang tinggal di seputar pantai. Saat ini kebersihan, keamanaan, pengelolaan fasilitas di pantai dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Akibat makin ramainya pengunjung pantai, warga mendapat manfaat ekonomi langsung karena hasil tangkapan ikan bisa mereka jual kepada pengunjung. Di area pantai sendiri terdapat fasilitas umum seperti toilet, mushalla dan kafe dengan konsep terbuka.

So, untuk para penyuka kegiatan alam bebas, Pantai Gelora bisa dicoba. Ingin menyelam, jogging, memancing, bersepeda atau sekedar menikmati indahnya mentari tenggelam, semuanya tersedia di dalam satu area.
Selain itu, perpaduan pasirnya yang putih dan deretan pepohonan kelapa adalah spot foto yang keren, sekedar untuk diunggah di media sosial atau bahkan foto pra-nikah.

Yang pasti, semuanya gratis sampai akhir Desember 2020. Pengunjung bebas bersantai di area pantainya dengan peralatan dan makanan yang dibawa sendiri. Ingin coba?

" , ,

No comments
Leave Your Comment

No comments

Alamat Dewan Pengurus Nasional

Jl. Minangkabau Barat Raya No. 28 F Kel. Pasar Manggis Kec. Setiabudi – Jakarta Selatan 12970 Telp. ( 021 ) 83789271

Newsletter

Berlangganan Newsletter kami untuk mendapatkan kabar terbaru.

Mobile Apps



X